3 Rekomendasi Investasi Online Terbaik dan Aman Bagi Pemula: Saham Hingga Equity Crowdfunding

3-Rekomendasi-Investasi-Online-Terbaik-dan-Aman-Bagi-Pemula-Saham-Hingga-Equity-Crowdfunding
Gambar dari Canva

Perkembangan zaman membuat investasi menjadi lebih mudah dengan adanya sistem investasi online. Investasi berbasis online membuat investasi menjadi lebih mudah sehingga membuat investasi dapat diakses oleh masyarakat dalam cakupan yang luas. Instrumen yang tersedia dalam investasi online kini pun mulai beragam seperti investasi crowdfunding Indonesia yang merupakan investasi melalui bisnis patungan berbasis online yang bisa menjadi pilihan anda.

Investasi online memberikan kesempatan kepada investor dalam cakupan yang luas sehingga berbagai kalangan bisa mudah membangun dan mengawasi portofolio investasi milik mereka. Investasi online ini juga membuat kalangan milenial semakin mudah mengakses berbagai instrumen investasi yang tersedia sehingga bisa membangun aset sejak usia muda.

Read More

Akan tetapi, karena pilihan investasi online yang semakin beragam membuat investor pemula kesulitan memilih instrumen yang tepat untuk menjadi aset mereka. Karena itu berikut beberapa rekomendasi investasi online terbaik untuk pemula yang masih kebingungan memilih investasi online yang cocok. Berikut beberapa rekomendasi investasi online untuk anda:

1. Equity Crowdfunding

Salah satu jenis investasi online terbaru yang memanfaatkan sistem online untuk menghimpun dari investor dengan cakupan yang luas untuk mendanai sebuah proyek atau bisnis yang memiliki potensi keuntungan yang besar di masa mendatang. Sistem investasi online ini membuat investor bisa melakukan investasi bisnis dengan sistem patungan dengan modal kecil.

Investasi online ini akan memberikan investor porsi kepemilikan dari bisnis yang akan diberikan modal sesuai dengan jumlah porsi modal yang mereka tanamkan. Selain kepemilikan modal investor juga akan diberikan dividen secara berkala sesuai periode yang sudah disepakati dan nilainya menyesuaikan porsi kepemilikan dan bagaimana kondisi bisnis dalam periode tersebut apakah menguntungkan atau tidak.

Sistem ini sangat cocok untuk investor pemula yang ingin berinvestasi bisnis tapi masih memiliki keterbatasan modal. Amartha merupakan salah satu equity crowdfunding yang telah berhasil menghimpun dana untuk berbagai jenis bisnis potensial yang memberikan keuntungan kepada para investor.

2. P2P Lending

Hampir sama seperti equity crowdfunding Indonesia OJK, Peer to Peer Lending (P2PL) merupakan jenis investasi online yang hampir sama seperti equity crowdfunding yang mempertemukan pihak yang membutuhkan dana dengan investor dalam satu platform.

Dalam P2P pendanaan berbasis utang sehingga investor merupakan pihak yang akan meminjamkan dan mereka kepada pihak yang membutuhkan dan akan mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman yang didapatkan saat pengembalian dana dilakukan.

Investasi online ini akan mempertemukan investor dengan peminjam dana dalam satu platform yang akan menjadi perantara proses pinjaman dana yang sedang dilakukan. Investor yang berinvestasi ke dalam bisnis lewat sistem ini tidak akan mendapatkan bagian kepemilikan atau saham sehingga keuntungan yang bisa didapatkan adalah bunga pinjaman yang akan diberikan di akhir periode pinjaman.

3. Reksa Dana

Reksa Dana merupakan instrumen investasi yang sangat cocok untuk pemula terutama yang masih kesulitan mengatur investasi karena keterbatasan waktu dan pengetahuan. Investasi reksa dana sangat cocok untuk pemula karena dana yang anda investasikan akan diatur dikelola oleh manajer investasi yang sudah memiliki izin untuk mengelola dana investasi yang sudah dikumpulkan dari publik. Dana akan dimasukkan ke dalam berbagai instrumen pasar modal yang dinilai akan memberikan keuntungan kepada investor.

Investasi online ini sangat cocok untuk pemula karena selain dikelola pihak profesional, modal yang dibutuhkan pun sangat kecil dengan minimum investasi Rp 10.000 yang membuat reksa dana bisa dibeli oleh masyarakat luas.

Akses membeli reksa dana kini kian mudah karena sudah banyak agen reksa dana yang bekerjasama dengan berbagai platform online seperti e-commerce yang memudahkan transaksi online yang dilakukan.  Reksa dana memiliki beberapa jenis yang bisa anda pilih menyesuaikan profil risiko anda seperti reksa dana pasar uang, saham, atau reksa dana campuran.

Kesimpulan

Semakin berkembangnya teknologi membuat investasi menjadi lebih mudah lagi karena adanya sistem investasi online yang aman dan terpercaya. Ketersediaan investasi online harusnya menjadikan masyarakat semakin melek tentang pentingnya investasi untuk membangun rencana keuangan jangka panjang anda.

Walaupun akses investasi semakin mudah, anda tetap harus melakukan analisis sendiri untuk menentukan instrumen mana yang sesuai dengan profil risiko dan modal yang akan anda masukkan ke dalam berbagai instrumen yang tersedia.

Untuk memperkecil risiko, anda perlu melakukan diversifikasi sehingga anda bisa terhindar dari kerugian besar yang disebabkan oleh satu instrumen dan anda tidak memiliki instrumen lain yang bisa anda andalkan. Karena banyak hal tidak terduga yang mungkin saja terjadi dan membuat investasi anda mengalami kerugian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.